S1 Sistem Informasi

Tentang Program Studi

Akreditasi

Baik

gambar-prodi

 

Profil Program Studi Sistem Informasi 

UNUGHA Cilacap berdiri berdasarkan ijin operasional penyeleggaraan Progam Sarjana Strata satu (S1) melalui Keputusan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor : 264/E//O/2014 tanggal 23 Juli 2014.  

Program Studi Sistem Informasi memiliki ciri khas atau nilai tambah dimana lulusan dibekali dengan kemampuan :

  1. Spiritual (Akidah Ahli sunnah Waljamaah, Bahasa Arab, Tahfidzul Al-Quran) yang dibuktikan dengan sertifikat (SKPI). 
  2. Tenaga  profesional  dalam  bidang  Rekayasa  Perangkat  Lunak  dan  Jaringan  seperti Programmer, Business Process Analyst, System Analyst, dan Software Quality Assurance Tester.
  3. Tenaga profesional dalam bidang Data Sains serta Bisnis dan Management (E-Business) seperti Data Analyst, Trend Analyst, Enterprise Architect.
  4. Wirausahawan berbasis teknologi (Technopreneur)

Visi dan Misi Program Studi Sistem Informasi 

Visi

Pada tahun 2028 menjadi Program Studi Sistem Informasi yang Kompetitif, Mandiri, dan Inspiratif dalam Bidang Perekayasaan Perangkat Lunak dan Data Sains di Tingkat Nasional.

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan dengan mengembangkan kurikulum sesuai standar KKNI, AISINDO, APTIKOM dan kebutuhan stakeholder untuk menghasilkan lulusan yang mandiri, kompetitif dan inspiratif di bidang perekayasaan perangkat lunak, data sains dan Technopreneur serta berlandasan karakteristik nilai-nilai keghozalian yaitu nilai ilmu, budi dan budaya.
  2. Melaksanakan penelitian di bidang perekayasaan perangkat lunak, data sains dan technopreneur yang menjunjung nilai-nilai keghozalian serta mendukung pembangunan strategis indonesia yang berkelanjutan.
  3. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat dengan prioritas pada inovasi penerapan perekayasaan perangkat lunak, data sains dan technopreneur dalam rangka mendukung penerapan revolusi industri 4.0 di Indonesia yang menjunjung nilai-nilai keghozalian.
Tampilkan Lebih Banyak expand_more

Pilih Jalur Pendaftaran

Kelas Reguler Pagi (Jalur Mandiri) - Reguler

Reguler

15 Februari 2024 - 15 April 2024

Biaya Daftar Rp. 200.000

Beasiswa Kader NU - Beasiswa NU

Reguler

15 Februari 2024 - 15 April 2024

Biaya Daftar Rp. 200.000

Beasiswa Pondok Pesantren - Beasiswa Pondok Pesantren

Beasiswa Pondok Pesantren diperuntukan untuk calon mahasiswa yang akan menempuh Kuliah dan Mondok di Pondok Pesantren yang bekerjasama dengan Universitas Nahdlatul Ulama Al Ghazali. Beasisa Pondok Pesantren untuk Calon Mahasiswa Fresh Graduate atau lulusan 2 tahun terakhir.Syarat...

Reguler

15 Februari 2024 - 15 April 2024

Biaya Daftar Rp. 200.000

BEASISWA TAHFIDZ - Beasiswa Tahfidz

Beasiswa Tahfidz diperuntukan untuk calon mahasiswa hafidz dan hafidzoh. Beasisa Tahfidz untuk Calon Mahasiswa Fresh Graduate atau lulusan 2 tahun terakhir.Syarat Pendaftaran Mahasiswa Baru 2024:Scan Kartu KeluargaScan Akte KelahiranScan Ijazah/SKHU (bisa menyusul)Scan SyahadaPas...

Reguler

15 Februari 2024 - 15 April 2024

Biaya Daftar Rp. 200.000

Beasiswa Yabakii - Beasiswa Yabakii

Beasiswa Ya BAKII diperuntukan untuk calon mahasiswa lulusan SMA/MA/SMK dibawah naungan Yasayan BAKIISyarat Pendaftaran Mahasiswa Baru 2024:Scan Kartu KeluargaScan Akte KelahiranScan Ijazah/SKHU (bisa menyusul)Pas Foto Background merah.Apabila ada kendala atau pertanyaan terkait...

Reguler

15 Februari 2024 - 15 April 2024

Biaya Daftar Rp. 200.000

Pindahan/Transfer (Kelas Reguler) - Pindahan / Transferan

Syarat Pendaftaran Mahasiswa Baru 2024:Scan Kartu KeluargaScan Akte KelahiranScan Ijazah terakhirScan Transkip Nilai terakhir dan surat keterangan pindahPas Foto Background merah.Apabila ada kendala atau pertanyaan terkait pendaftaran bisa menghubungi no dibawah ini yah:wa.me/6281340590166...

Reguler

15 Februari 2024 - 30 April 2024

Biaya Daftar Rp. 200.000

Prospek Karir

1. Business Analyst

Seiring dengan meningkatnya aplikasi IT dalam bisnis, maka Business Analyst juga semakin dibutuhkan. Keberadaan seorang Business Analyst sangat penting, salah satunya menjadi penghubung antara manajemen dengan pemegang saham serta antara tim IT dengan user. 

2. Web Developer

Seorang Web Developer membuat program aplikasi untuk suatu website. Web Developer-lah yang membuat website dari nol hingga tampilannya menarik dan setiap fungsinya dapat digunakan. Profesi ini memang lebih dekat dengan sisi IT dalam Sistem Informasi. 

3. Project Manager

Kembali pada sisi bisnis, Project Manager adalah penggerak seluruh anggota tim pada suatu proyek. Pada posisi yang lebih strategis, peran seorang Project Manager sangat menentukan keberlangsungan hidup suatu perusahaan. 

4. E-Commerce System Developer

Tugas seorang E-commerce System Developer cukupkompleks, meliputi alur sistem, tingkat keamanan, hingga UI dan UX sistem e-commerce perusahaan. Bila profesi ini adalah cita-citamu, bangun dan kembangkan kecakapanmu untuk bekerja dalam tim sejak sekarang, Sobat. 

5. IT Manager

Untuk menduduki jabatan sebagai IT Manager, Sobat Pintar haruslah memiliki kemampuan manajemen yang baik. Your job will be planning, coordinating, and directing activities related to computer and information system of a company. Instalasi dan maintenance pada hardware, software, hingga network perusahaan menjadi tanggungjawab IT Manager. 

6. Database Administrator

Tugas seorang Database Administrator adalah mengelola dan merapikan data perusahaan. Di Amerika Serikat, profesi ini mengalami peningkatan sebesar 11% sejak 2014 hingga 2024. Data yang disebutkan oleh Bureau of Labor Statistics ini melebihi rata-rata peningkatan profesi yang lain. 

7. System Analyst

Meskipun sering tumpang tindih, System Analyst berbeda dari Business Analyst. Seorang System Analyst lebih terfokus pada sistem IT, misalnya mengelola aplikasi, membuat spesifikasi yang digunakan oleh programmer, maupun mengidentifikasi apa saja kebutuhan user agar sistem yang dikembangkan nantinya sesuai. 

8. IT Consultant

Ingin bekerja dibidang pelayanan, Sobat? Nah, barangkali profesi IT Consultant akan sesuai untukmu kelak. Seorang IT Consultant biasanya membantu klien yang ingin menggunakan IT. IT Consultant juga membantu perusahaan dalam meningkatkan struktur dan efisiensi sistem IT-nya. 

9. System Engineer

Bila Sobat Pintar memiliki minat pada sesuatu yang kompleks, profesi System Engineer mungkin menarik untukmu. Tugas seorang System Engineer memang mendesain dan mengatur sistem yang kompleks. System Engineering sendiri merupakan bidang interdisipliner yang menggabungkan rekayasan dan manajemen rekayasan – kompleks, bukan? 

10. Information System Manager

Sebagai seorang Information System Manager, Sobat kelak akan mengendalikan sistem agar dapat mendukung proses bisnis perusahaan. Lebih dikenal sebagai IS Manager, tugas profesi ini mencakup perencanaan, instalasi, dan maintenance, termasuk menangani upgrade pada hardware dan software. 

11. Network Security

Dari namanya saja, Sobat sudah dapat menebak bahwa profesi ini berkaitan dengan keamanan jaringan. Di negara-negara maju saat ini profesi Network Security merupakan salah satu dari enam jenis pekerjaan dibidang cyber security dengan bayaran paling tinggi. Berminat, Sobat? 

12. Programmer

Berbekal pengetahuannya dibidang IT, alumni Sistem Informasi juga dapat bekerja sebagai Programmer. Bila coding menjadi minatmu sejak sekarang, boleh juga mempertimbangkan Sistem Informasi sebagai salah satu pilihan jurusan kuliah nanti.

Tapi bukankah kebanyakan Programmer kuliah pada Jurusan Teknik Informatika? Well, we don't have a simple answer, actually. Kalau Sobat Pintar masih belum yakin juga jurusan mana yang dipilih agar karirmu kelak berkembang pesat, gunakan saja fitur Kampus Pintar untuk membandingkan jurusan kuliah terbaik untukmu.

Materi Pembelajaran

Konsentrasi Pembelajaran :

  • Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Integrasi
  • Artificial Intelegance (AI)
  • Analsis Keamanan Sistem Informasi

 



Kami siap membantu anda

Apabila kamu memiliki kendala atau pertanyaan. Silakan hubungi kami atau dapat juga membaca user guide (petunjuk) pendaftaran terlebih dahulu

Butuh Bantuan? Hubungi Kami!