S1 Teknik Kimia

Tentang Program Studi

Akreditasi

Baik

 

  • Teknik Kimia merupakan cabang ilmu teknik mempelajari bagaimana proses dan cara mengubah bahan baku/mentah dan bahan kimia menjadi sebuah produk yang lebih bernilai secara komersial dengan memanfaatkan proses-proses kimia, seperti reaksi kimia dan biokimia maupun perubahan sifat fisik dan kimia bahan mentah. Mahasiswa jurusan Teknik Kimia dididik untuk dapat merencanakan dan merancang alat-alat proses, mengoperasikan, mengendalikan dan memelihara pabrik / industri, mengkontruksi pendirian suatu pabrik (dalam batas batas tertentu), mengadakan penelitian dan pengembangan proses, bahkan merencanakan serta mengelola penjualan dan pelayanan. Nah, nantinya kamu akan banyak mengembangkan penelitian terkait desain molekular baru, sintesis, dan reaksi kimia untuk mewujudkan masyarakat ramah lingkungan.

 

Kenapa Memilih Jurusan Ini?

  1. Ilmu yang menarik (Teknik kimia merupakan ilmu yang menarik untuk dipelajari. Ilmu ini mempelajari unsur-unsur kimia dan reaksi kimia yang terjadi di sekitar kita sehingga sangat seru untuk dipelajari jika Kamu memiliki passion di bidang-bidang tersebut).
  2. Tidak banyak kampus yang menawarkan jurusan Teknik Kimia, jadi peluangmu untuk terserap di pasar tenaga kerja semakin besar.
  3. Lulusan Teknik Kimia dibutuhkan di semua industri. Jadi, kebayangkan, kamu nggak akan jadi pengangguran deh, asalkan giat berusaha!
  4. Peluang lapangan kerja lulusan teknik kimia ternyata cukup luas. Kamu bisa bekerja di bidang industri kimia, industri perancangan alat, industri obat, industri agrobisnis, pengelolaan limbah, laboratorium, Process Engineer, Akademisi, Pabrik Kimia, Peneliti, Konsultan, Perbankan, Wirausaha dan masih banyak peluang kerja lain yang sangat menjanjikan
  5. Peluang untuk masuk ke industri minyak dan gas sangat besar peluangnya karena lulusan Teknik Kimia dibutuhkan dalam memulihkan minyak ataupun gas dari reservoir.
  6. Selain bidang keteknikan, Teknik Kimia juga bisa memperkuat divisi penjualan dan pemasaran di suatu perusahaan.
Tampilkan Lebih Banyak expand_more

Pilih Jalur Pendaftaran

Pindahan/Transfer (Kelas Reguler) - Pindahan / Transferan

Syarat Pendaftaran Mahasiswa Baru 2024:Scan Kartu KeluargaScan Akte KelahiranScan Ijazah terakhirScan Transkip Nilai terakhir dan surat keterangan pindahPas Foto Background merah.Apabila ada kendala atau pertanyaan terkait pendaftaran bisa menghubungi no dibawah ini yah:wa.me/6281340590166...

Reguler

15 Februari 2024 - 30 April 2024

Biaya Daftar Rp. 200.000

Beasiswa Kader Nu - Beasiswa NU

Beasiswa Nu diperuntukan untuk calon mahasiswa KADER NU. Beasisa NU untuk Calon Mahasiswa Fresh Graduate atau lulusan 2 tahun terakhir.Syarat Pendaftaran Mahasiswa Baru 2024:Scan Kartu KeluargaScan Akte KelahiranScan Ijazah/SKHU (bisa menyusul)Scan Surat Rekomendasi MWCNU/PCNUPas...

Reguler

16 April 2024 - 27 Juni 2024

Biaya Daftar Rp. 200.000

Beasiswa Pondok Pesantren - Beasiswa Pondok Pesantren

Beasiswa Pondok Pesantren diperuntukan untuk calon mahasiswa yang akan menempuh Kuliah dan Mondok di Pondok Pesantren yang bekerjasama dengan Universitas Nahdlatul Ulama Al Ghazali. Beasisa Pondok Pesantren untuk Calon Mahasiswa Fresh Graduate atau lulusan 2 tahun terakhir.Syarat...

Reguler

16 April 2024 - 28 Juni 2024

Biaya Daftar Rp. 200.000

BEASISWA YABAKII - Beasiswa Yabakii

Beasiswa Ya BAKII diperuntukan untuk calon mahasiswa lulusan SMA/MA/SMK dibawah naungan Yasayan BAKIISyarat Pendaftaran Mahasiswa Baru 2024:Scan Kartu KeluargaScan Akte KelahiranScan Ijazah/SKHU (bisa menyusul)Pas Foto Background merah.Apabila ada kendala atau pertanyaan terkait...

Reguler

16 April 2024 - 28 Juni 2024

Biaya Daftar Rp. 200.000

Kelas Reguler Pagi (Jalur Mandiri) - Reguler

Reguler

16 April 2024 - 28 Juni 2024

Biaya Daftar Rp. 200.000

Prospek Karir

  • Luasnya bidang pembelajaran di Teknik Kimia membuat prospek kerja bagi Sarjana Teknik Kimia sangat luas. Nggak heran deh kalau lulusan Teknik Kimia banyak dibutuhkan oleh industri energi terbarukan, industri minyak dan gas, industri pengolahan limbah, industri kimia, industri obat, industri pangan, industri perancangan alat, maupun instansi pemerintah. Gaji yang ditawarkan pun tentu saja bisa dibilang cukup menjanjikan lho.

Pilihan Karir yang bisa digeluti:Bagian operasional dan logistic

  1. Bagian operasional dan logistik selalu dikaitkan dengan masalah pergudangan. Padahal di samping itu semua, nggak melulu urusan gudang saja lho, lebih jauh bagian operasional dan logistik mengurus penyaluran yang melingkupi pengangkutan dan penyimpanan. Bagian operasional logistik juga berperan dalam penghitungan biaya yang dikeluarkan, seperti bagaimana pengeluaran biaya yang rendah namun dengan pelayanan yang maksimal. Secara lengkap, bagian operasional logistik adalah bagian dari proses supply chain management atau manajemen rantai suplai yang memiliki fungsi penting dalam perencanaan, pelaksanaan, dan pengendalian efektifitas dan efisiensi penyimpanan dan aliran barang, pelayanan dan informasi, hingga ke titik konsumsi untuk memenuhi keperluan konsumen. Dengan menerapkan kegiatan manajemen logistik yang baik dan terus menerus, akan memberikan manfaat yang besar bagi perusahaan. Oleh karena itu, bagian operasional dan logistik harus menguasai ilmu manajemen logistik.
  2. Bagian Pengendalian Mutu Produk dan Kesehatan. Dalam proses bisnis penjualan produk, tentu dibutuhkan unit tersendiri untuk memantau mutu produk terlebih jika produk tersebut berkaitan dengan sektor kesehatan. Bagian ini menjadi sangat penting sekali lho. Seorang bagian pengendalian mutu produk harus memastikan seluruh proses dari mulai proses produksi hingga barang sampai ke konsumen bisa berjalan dengan baik. Nah seorang bagian pengendalian mutu kemudian membuat sebuah sistem dan inspeksi agar barang berada dalam kondisi aman. Jika memantau bagian produksi, bagian pengendalian mutu harus memastikan dari mulai kualitas bahan baku yang digunakan. Karena penggunaan bahan baku yang berkualitas menentukan kualitas barang yang dihasilkan. Selain kualitas juga harus dipastikan ketersediaan bahan baku. Nah untuk tugas ini, bagian pengendalian mutu harus berkoordinasi dengan bagian lain seperti logistik. Selanjutnya, bagian pengendalian mutu produk harus memperhatikan proses pengiriman barang. Dalam proses ini, yang perlu diperhatikan adalah bagaimana pengiriman produk bisa aman bagi konsumen, pengguna, maupun pasien. Nah tugas bagian pengendalian mutu produk ini menjaga penjualan barang dimungkinkan bisa terjaga secara stabil. Oleh karena itu, seseorang yang bekerja di bagian pengendalian mutu produk merupakan pegawai tetap lulusan teknik kimia atau teknik industri. Apa Anda tertarik?
  3. Teknisi Tambang, Minyak dan Material. Teknisi tambang, minyak, dan mineral bertanggung jawab dalam upaya pencarian dan pengolahan minyak bumi dan gas alam, pengembangan material baru (seperti logam dan keramik), serta pengembangan teknologi pengolahan. Pekerjaan ini menuntut upaya pengembangan metode dalam upaya keperluan produksi. Selain kekuatan dan daya tahan yang sesuai dengan tujuan, teknisi ini juga memikirkan mudahnya pengolahan sebelum mengembangkan suatu material dasar. Selain dibutuhkan pengetahuan mengenai bidang teknik, pekerjaan ini juga memerlukan kemampuan dalam mengontrol biaya produksi untuk komersialisasi.
  4. Teknisi dan Operator Pabrik. Teknisi dan operator pabrik merupakan seseorang yang punya peran sentral dalam aktivitas produksi di suatu pabrik, Mulai dari mendesain pabrik hingga mengontrol operasi pabrik. Teknisi pabrik bertugas melakukan kajian terhadap rancangan pabrik dan mempelajari pabrik untuk masa yang akan datang. Saat ini banyak pabrik yang nggak hanya berorientasi pada efisiensi namun juga mulai menyimpan minat pada kegiatan ramah lingkungan. Oleh sebab itu, para teknisi harus mulai fokus pada pengembangan teknologi ramah lingkungan. Sementara operator pabrik bertugas mengoperasikan mesin-mesin dan peralatan lainnya yang ada di pabrik agar proses produksi berjalan sesuai dengan prosedur yang telah ditetapkan perusahaan, serta memenuhi standar keamanan, kesehatan, dan keselamatan pekerja.

  5. Dosen. Dosen adalah pendidik profesional yang bekerja di satuan pendidikan tinggi tertentu. Dosen kerap disebut sebagai Ilmuwan karena kapasitas ilmu yang ia miliki. Tugas utama seorang dosen adalah mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi, juga seni melalui Tri Dharma Pendidikan Tinggi. Selain melaksanakan perkuliahan juga tutorial, dosen diharapkan dapat terus melakukan penelitian pada bidang keahliannya dan memberikan bimbingan kepada mahasiswa. Sebagai seorang ilmuwan, dosen perlu mempublikasikan secara teratur karya tulis ilmiah dan hasil penelitiannya di konferensi akademik.
  6. System Analyst. System analyst merupakan profesi di bidang teknologi informasi yang fokus pada aktivitas penelitian, perencanaan, pengkoordinasian, juga pemilihan perangkat lunak dan sistem untuk mengakomodasi kebutuhan institusi. Bidang pekerjaan ini memiliki peranan kunci dalam upaya mengembangankan suatu sistem. Misalnya, sebuah institusi perbankan ingin mengembangkan layanan digital, maka system analyst memegang tanggung jawab untuk menganalisis sistem operasi yang tepat, melakukan studi kelayakan dari desain sistemnya, dan pengembangannya lebih lanjut. Karenanya kamu dituntut untuk punya kemampuan analisis yang kuat supaya bisa mengidentifikasi suatu permasalahan di institusi kemudian merancang solusi terbaik dengan memperhatikan potensi juga keterbatasan dari teknologi informasi.Kamu juga wajib punya pemahaman yang komprehensif mengenai bahasa pemrograman, sistem operasi, aplikasi dan perangkat database, juga perangkat keras agar memudahkanmu mengerjakan tugas-tugas kantor. Seorang system analyst biasanya akan bekerja dalam sebuah tim system integrator.

  7. Quality Assurance (QA) & Quality Control (QC). Quality Assurance dan Quality Control di satu perusahaan? Bedanya apa ya? Perbedaan keduanya terletak di tugas dan tanggung jawabnya. Meski sama-sama berada dalam satu departemen, Quality Assurance berperan dalam menjamin kualitas, sementara Quality Control sebagai pengendali kualitas atas suatu produk yang dihasilkan perusahaan. Karena setiap perusahaan memiliki standar keandalan, kegunaan, kinerja, maupun standar kualitas lainnya yang sudah ditetapkan untuk setiap produk ataupun layanan. Quality Assurance bertanggung jawab untuk memastikan sebuah produk yang akan dilepas ke pasaran sudah memenuhi semua standar kualitas untuk setiap komponennya. Untuk itu, seorang staf QA akan secara aktif melakukan monitoring dan serangkaian uji dalam upaya memberi jaminan kualitas pada pembeli. Berbeda dengan Quality Control yang punya tanggung jawab untuk memeriksa produk sebelum, selama, ataupun setelah proses produksi untuk mendapatkan standar kualitas yang diperlukan. Staf QC punya hak untuk menerima atau menolak produk yang bakal dipasarkan. Jadi, sekali ditemukan produk yang cacat, maka akan dikembalikan ke bagian produksi.

 

Materi Pembelajaran

  • Kuliah di Program Studi Teknik Kimia ternyata nggak hanya belajar tentang bahan-bahan kimia aja lho! Malah perkuliahan di Jurusan Teknik Kimia konon katanya lebih banyak menggunakan matematika dan fisika. Di Teknik kimia kamu juga bakalan belajar bagaimana pengelolaan energi, pengolahan limbah dan penyelesaian isu lingkungan, serta melakukan analisis ekonomi bagi kesejahteraan Indonesia. Beberapa mata kuliah yang bisa kamu temui di jurusan Teknik Kimia di antaranya Kimia Fisika, Rekayasa Lingkungan, Bioproses, Termodinamika, Proses Kimia Industri, Teknik Reaksi Kimia, Teknologi Pengelolaan Limbah, Reaktor, Perpindahan Panas, dll

 

  • Materi Perkuliahan:
  • Kimia dasar
  • Fisika
  • Neraca massa dan energy
  • Proses industri kimia
  • Ekstraksi
  • Distilasi
  • Manajemen industri
  • Ekonomi teknik 
  • Teknologi Bioproses


Kami siap membantu anda

Apabila kamu memiliki kendala atau pertanyaan. Silakan hubungi kami atau dapat juga membaca user guide (petunjuk) pendaftaran terlebih dahulu

Butuh Bantuan? Hubungi Kami!